Yang mau mengenal lebih jauh mobil hybrid

Yang mau mengenal lebih jauh mobil hybrid

Ternyata banyak jg yg msh ingin tau soal Mobil hybrid pada dasarnya adalah mobil yang mempunyai lebih dari satu sumber tenaga untuk menggerakkan roda2 utama.

Contohnya sumber tenaga dihasilkan dari mesin konfensional dan baterai. Mesin yang digunakan mobil hybrid sama dengan mesin berbahan bakar minyak pada umumnya.

Sedangkan untuk baterai menggunakan baterai bervoltase tinggi (high voltage battery) yang aman dan tidak memerlukan pengisian ulang.


Baterai yang digunakan mobil hybrid sudah dilengkapi dengan generator yang akan mengisi baterai secara otomatis saat mesin sedang hidup, terutama saat deselerasi atau melepas pedal gas untuk menurunkan kecepatan.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki mobil hybrid, diantaranya :

1. Lebih hemat bahan bakar karena mesin tidak bekerja terus menerus, tetapi bekerja saat di perlukan. Mesin mobil hybrid hanya bekerja seperti pada saat baterai sudah mulai lemah, akselerasi, atau saat kecepatan tinggi .

Sedangkan saat start awal, mundur, kecepatan rendah, dan saat berhenti di lampu merah atau macet, mesin akan mati secara otomatis . Hal ini mengakibatkan konsumsi bahan bakar berkurang karena mesin tidak hidup.

2. Lebih senyap saat mobil sedang berjalan pada kecepatan rendah karena sumber tenaga yang digunakan berasal dari baterai dan mesin tidak hidup sehingga nyaris tidak ada suara yang terdengar dari ruang mesin ke dalam kabin.

3. Lebih ramah lingkungan karena karena mesin tidak bekerja terus menerus emisi yang dihasilkan tentunya sangat rendah. Penggunaan tenaga baterai pada mobil hybrid membuat tidak ada gas buang yang dikeluarkan knalpot sehingga dapat membantu mengurangi pencemaran udara.

4. Perawatan service berkala sama dengan mobil biasa. Servis berkala untuk mobil hybrid sama dengan mobil pada umumnya. Sebagai contoh Toyota Prius atau Camry Hybrid yang baru saja diluncurkan, untuk servis atau pengecekan pertama dilakukan setelah jarak tempuh mencapai 1000 km.

Selanjutnya lakukan pengecekan setelah jarak tempuh mencapai 10.000, 20.000, 30.000 kilometer, dan seterusnya sesuai dengan kelipatan 10.000 kilometer. Biaya yang dikeluarkan untuk perawatan mobil hybrid relatif hampir sama dengan mobil konvensional.
Bandung City Tour transportations service www.seratour.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengurus perizinan usaha